Thursday, December 20, 2007

Abis ultah kok sakit sihh

Bener aja kan, Raphael beneran sakit. Abis Papinya, trus Ama nya, skrg Raphael deh. Untungnya Raphael kl lg sakit tau diri, tidur mulu.
Tidurnya sambil ngigo2 gitu, trus kebangun mulu minta minum ditambah gumoh2 mulu.
Paginya jam 9 an Kuku Ming dateng full team sekeluarga buat nganter kado, sayang Raphael Cuma bisa tiduran doang nemenin Hiroki maen Thomasnya.
Trus siangnya Raphael juga dapet kado dr Jeje Shinta isinya 2 mobil keren. Mobil tentara sama mobil truk yg ngangkut truk. Alhasil 2 2 nya diajak tidur ma Raphael.



Btw sakit Raphael kali ini kayaknya ga gitu parah, panasnya gw ukur Cuma 38 an, jd gw ga gitu panik2 bgt. Dan jd bisa nerapin ilmu dr Milis Sehat.
Krn Raphael tidur seharian, gw jd sempet buka file2 lama tentang demam, dan baca2 juga.
Duhhh ternyata gw selama ini salah penanganan demam ya.
Jadi according to Milis Sehat, kl demam yg disertai batuk pilek itu Cuma common colds aja krn itu ga perlu di treat berlebihan. Berikut adalah tips2 untuk mengatasi demam, harap diterapkan ke anak mu nanti ya Raphael.
- Jangan panic karena panic sama sekali ngga membantu
- Demam itu bukan penyakit. Suhu panas yg ada krn anak itu berusaha untuk mematikan virus yg sedang ada di tubuhnya, jadi kalo kalo demamnya meninggi bukan indikasi makin parah sakitnya
- Obat2an tidak diperlukan, apalagi antibiotic, puyer atau ibuprofen sekalipun. Kl demam masih tinggi dan masih rewel dan dia keliatan tidak nyaman...baru kasih paracetamol
- Kalau panas diatas 38,5 baru kasih paracetamol such as Panadol or Tempra
- Perbanyak asupan cairan
- Kalau anak menggigil, selimuti dia, atau cara kuno yg ampuh – peluk dia skin to skin
- Bisa dikompres dengan cara nyalakan AC pakaikan baju tangan pendek atau dikompres dengan air suam2 kuku yg dimasukkan ke kantong plastic. Taruh di dahi dan ketiak anak.
- Mengompres dapat dilakukan dengan meletakkan anak di bak mandi yang sudah diisi air hangat. Lalu basuh badan, lengan, dan kaki anak dengan air hangat tersebut.
- Umumnya mengompres anak akan menurunkan demamnya dalam 30-45 menit.
Namun jika anak merasa semakin tidak nyaman dengan berendam, jangan lakukan hal ini.
- Demam pada bayi dan anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus krn itu tidak bisa diobati dengan antibiotic
- Tangani anaknya, bukan termometernya”. Usaha meredakan demam lebih ditujukan mengatasi ketidaknyamanan anak (jika memang signifikan), dan biasanya diperoleh melalui pemberian parasetamol secara oral pada anak yang hanya mengalami demam tinggi saja
- Terakhir baca artikel Common Colds In Pediatrics. Hehehe
Gw sebenernya berharap orangtua2 lain kenalan gw juga bisa sedikit nyantai kl anaknya sakit, krn yg gw kenal semua kalo anaknya sakit pasti lsg dibawa ke dokter atau dikasih puyer buat nurunin panas secara instan. Yah tapi apa daya ya. Gw ngeri juga itu kan anak anaknya mereka ya. Kalo gw suruh nyantai ga taunya anaknya kejang apa gimana kan matek aja gw.
Tapi tadi sore gw surprais abis. Jadi biasanya nih kl Raphael sakit, opa oma nya tuh pasti yg rebut heboh gitu, yg suruh2 ke dokter, minum obat ini itu, periksa darah krn takut DBD, Typhus, campak dll, kok kali ini agak nyantai.
Apalagi nyokap, dengan mengejutkannya dia blg “Ga usah dikasih obatlah, yg penting banyak cairan dan minum aja”.
Wauwww..ada apa gerangan..rupanya abis itu nyokap ngomong “Sheila (Bos nya dia) kl anaknya sakit juga ga pernah dikasih obat tuh, banyak minum aja. Dia sama tuh kayak kamu, suka baca2 di Internet soal kesehatan dll”. Huuuu..kalo orang yg bilangin aja percara lansung.
Mudah2an kalo besok2 mood gw muncul, gw bisa bantu menyebarkan kiat2 orangtua RUD ke temen2 skitar gw aja. Walopun pasti gw disangka sok pinter, sok nyantai, sok Dokter. Sama mungkin orang2 nyangka gw gila pas gw berkoar2 soal Global Warming, hihihihihi… Just trying to help. . and it is all based on a good intentions indeed.

No comments: